Tuesday, June 17, 2014

Manfaat Membaca Bagi Kehidupan Sehari - hari

Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganaliisa, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan. Tentu telah kita ketahui bahwa membaca merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi kita. Apapun yang kita baca sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Banyak orang yang sukses karena gemar membaca. Membaca merupakan kegiatan yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Membaca dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang, menghibur diri saat merasa sedih, dan pada saat kita merasa bosan.


Berikut ini adalah manfaat membaca buku bagi diri kita:

1.    Menambah wawasan
Apapun yang anda baca tentu saja bermanfaat. Semua orang yang gemar membaca pasti mempunyai wawasan dan pengetahuan yang berbeda dengan orang yang tidak gemar membaca.

2.    Mempunyai semangat untuk menjadi sukses
Membaca dapat memotivasi diri kita untuk menjadi sukses. Membaca seakan akan menuntun kita kearah dimana kita akan menemukan kesuksesan tesebut.

3.    Menambah kreatifitas
Semua orang yang gemar membaca akan cenderung mempunyai kreatifitas lebih. Karena saat membaca kita dapat memperoleh hal baru dan dapat inpirasi baru.

4.    Lebih mengetahui dunia luar
Orang yang gemar membaca akan lebih mengetahui dunia luar. Seperti orang yang sering membaca Koran akan lebih mengetahui berita yang sedang hangat diberitakan.

Selain beberapa manfaat di atas masih banyak lagi manfaat yang lainnya. Seperti dapat bertambah bijak karena kosa kata yang kita miliki lebih banyak dan kita pun bisa menjadi seorang penulis yang hebat.

Ada beberapa cara orang untuk membaca, yaitu membaca nyaring dan membaca dalam hati. Membaca nyaring biasanya dilakukan dimuka umum,seperti membaca pidato atau membacakan teks pengumuman. Sedangkan membaca dalam hati bertujuan untuk memahami apa isi dari tulisan yang sedang ia baca.

Pada saat ini ada tekhnik membaca secara cepat, tentu saja dengan memahami apa isi dari bacaan tersebut bukan hanya sekedar membaca dengan cepat dan tidak mengetahui makna yang terkandung di dalamnya. Teknik membaca kilat ini ditemukan pertama kali oleh Agus Setiawan, seorang subconscious coach. Dengan tekhnik ini kita dapat membaca satu halaman hanya dengan beberapa detik.

Kembali kepada topik pembicaraan di awal bahwa membaca buku sangat bermanfaat bagi kita semua, apalagi untuk anak anak yang baru mulai belajar mengenal dunia luar.

Dengan membaca buku kita akan lebih tahu dan mempunyai banyak ilmu. Dengan ilmu tersebut kita dapat menggapai hari esok untuk sebuah kesuksesan.

Sekian artikel ini. Semoga bermanfaat!! ^_^

0 komentar:

Post a Comment