Sunday, January 5, 2014

Manfaat Manggis Bagi Kesehatan


Manggis adalah jenis buah tropis yang unik yang berasal dari Asia Tenggara. Telah berharga selama berabad-abad, baik di negara asal ataupun di negara Barat.
Manggis telah digunakan baik sebagai makanan lezat dan sebagai sumber obat tradisional, dan pernah dibawa keliling dunia sehingga dapat dicicipi oleh Ratu Victoria. Manfaat kesehatan manggis telah diketahui sejak abad ke-18. Sekarang, studi ilmiah tentang buah manggis menunjukkan bahwa manfaat ini tidak hanya mitos.

Apa itu Xanthone ?

Komponen aktif utama dari buah manggis disebut xanthones . Xanthone adalah kelas baru ditemukan senyawa polifenol yang secara biologis aktif dan struktural mirip dengan bioflavanoids. Senyawa ini jarang ditemukan di alam, dengan mayoritas yang ditemukan hanya pada dua keluarga tanaman . Dua ratus xanthones alami sejauh ini telah diidentifikasi. Sekitar empat puluh dari mereka telah ditemukan dalam buah manggis.

Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk sifat anti - inflamasi, anti - alergi, dan kemampuan anti - convulsant. Ada juga komponen lain dari manggis yang memiliki khasiat sebagai obat, termasuk polisakarida, sterol, proanthocyanidins dan katekin. Dan kebanyakan dari mereka itu bersifat antioksidan

APA YANG DAPAT DILAKUKAN SENYAWA MANGGIS ?

The xanthones dan antioksidan lain di dalam buah manggis memberikan manfaat yang sangat penting. Di dalam tubuh, oksidasi oleh peroksida dan oksigen itu sendiri dapat menciptakan radikal bebas. Radikal bebas ini kemudian dapat menyebabkan reaksi yang menyebabkan kerusakan sel. Kerusakan semacam ini dikaitkan dengan banyak penyakit manusia, dari stroke dan kondisi neurologis untuk beberapa jenis kanker. Mengkonsumsi antioksidan mengurangi jumlah reaksi oksidasi, dan membantu untuk menangkap radikal bebas, mengurangi kerusakan sel.


Manggis telah menjadi bagian dari obat tradisional dari berbagai negara Asia untuk waktu yang sangat lama. Bagian dari buah manggis dapat digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit dan gangguan. Banyak produk dari buah manggis yang berguna, seperti bubuk kering dari kulit buah manggis yang digunakan dalam pengobatan disentri, pasta yang digunakan untuk mengobati eksim dan beberapa gangguan kulit lainnya. Sebuah ramuan yang terbuat dari kulit buah manggis digunakan untuk mengobati diare, sedangkan ramuan yang terbuat dari akar manggis digunakan untuk mengatur menstruasi. Di Filipina , orang-orang yang digunakan untuk membuat rebusan daun manggis dan kulit kayu, yang bermanfaat dalam menurunkan suhu tubuh dan juga untuk mengobati sariawan, disentri, diare dan gangguan berkemih. Pada abad kedelapan belas dan kesembilan belas, manggis diperkenalkan ke bagian lain dari dunia, tetapi pohon ini hanya tumbuh subur di daerah tertentu, selain tempat aslinya. Buah ini kadang-kadang disebut sebagai " Ratu Buah " , karena nilai gizi dan kehadiran beberapa senyawa yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan manggis.

Studi menunjukkan bahwa manggis kaya akan nutrisi dan antioksidan. Faktor-faktor ini dikatakan menjadi alasan untuk manfaat manggis dalam hal kesehatan. Hal ini menyatakan bahwa buah ini telah ditemukan efektif dalam menurunkan risiko berbagai penyakit, terutama karena adanya antioksidan. Antioksidan yang paling menonjol dalam manggis adalah xanthone. Ada dua jenis xanthones dalam buah ini - alpha mangostin dan gamma mangostin. Senyawa ini menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan dan manggis merupakan salah satu 'makanan super'. Hal ini karena xanthones, bahwa manggis memiliki antibiotik, antiviral, anti - jamur dan anti - inflamasi. Salah satu yang paling penting manfaat kesehatan manggis adalah efeknya pada sistem kardiovaskular. Hal ini diyakini efektif dalam mencegah penyakit, seperti, arthritis, osteoporosis, tekanan darah tinggi, atherosclerosis, batu ginjal, katarak, glaukoma, Alzheimer, dan neuralgia. Hal ini juga mengatakan bahwa buah ini efektif dalam mengobati depresi, penuaan, kegemukan, penyakit kulit, alergi, borok, diare, demam dan nyeri.

Manggis adalah buah yang kuat yang dapat membantu Anda dalam banyak hal !!


Sekian artikel Manfaat Manggis Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment